LG Group adalah perusahaan konglomerat terbesar kedua Korea yang memproduksi elektronik, kimia, dan
produk telekomunikasi. Markas pusat LG terletak di LG Twin Towers di
Seoul, Korea Selatan. Organisasi ini memiliki sekitar 149 anak di
seluruh dunia salah satunya di Indonesia yang memproduksi berbagai jenis peralatan gadget
elektronik dari rumah ke perangkat telekomunikasi. Electronics adalah
Top 100 merek di seluruh dunia yang merupakan kekuatan yang dominan yang
harus diperhitungkan dalam industri perangkat elektronik.
Namun dibalik sebuah perusahaan yang besar dari LG Group yang didalamnya PT. LG Electronic Indonesia. tentu saja masih memiliki keterbatasan atau kekurangan-kekurangan lainnya, tetapi juga selain dibalik kekurangan-kekurangan itu ada kelebihan-kelebihan yang dimiliki perusahaan yang mampu membuat persuhaan tersebut tidak kalah saing dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya.
Kelebihan :
- Merupakan perusahaan besar yang mempunyai sumber pendanaan yang kuat
- Menyediakan berbagai macam produk untuk melayani semua kategori dan fokus yang kuat pada teknologi dan kualitas
- Memiliki para investor yang mempunyai loyalitas tinggi serta mempunyai kepercayaan kuat terhadap LG Elektronik.
- Mempunyai pangsa pasar yang sangat meluas serta menyeluruh di seluruh dunia.
- Laporan Keuangan yang terbuka dan bersifat umum karena perusahaan LG Elektronik telah lama memasuki pasar modal di beberapa negara.
- Produk elektronik LG, terutama Handphone terbukti kuat dan tahan lama
- Bentuk produk elektronik yang unik menarik pangsa pasar kalangan menengah ke atas
- Gadget yang mengikuti perkembangan teknologi informasi membuat LG banyak diminati oleh kalangan muda.
- Customer Service yang ramah dalam melayani Customer membuat LG semakin diminati customer
- Adanya jaminan garansi membuat customer merasa aman dalam menggunakan produk dari LG
- Mempunyai banyak branch atau cabang sehingga memudahkan dalam pelayanan kepada customer nya, sehingga customer tidak perlu kesusahan dalam service produk LG
- Sistem Pemasaran di segala tempat dan dengan segala bentuk
- Mempunyai Brand dan ikon bintang produk yang terkenal.
Kelemahan :
- LG elektronik masih belum bisa menyaingi para pesaingnya untuk beberapa produknya, terutama produk smartphone.
- Bentuknya yang terlalu eksekutif kurang diminati oleh kalangan muda dan remaja
- Harganya terlalu susah untuk dijangkau oleh Customer kalangan mengengah ke bawah
- Suku cadang produk elektroniknya sukar didapatkan
- Teknik pemasaran yang kurang efektif dan kurang tepat sasaran.
- Beberapa Produk LG ada yang rentan sekali terhadap kerusakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar